Recent Post

Home » , » Kandungan Kedelai Baik Untuk Kesehatan

Kandungan Kedelai Baik Untuk Kesehatan

Kandungan Kedelai Baik Untuk Kesehatan, Kedelai banyak mengandung berbagai jenis zat yang bermanfaat phytochemical dan beberapa diantaranya bersifat sangat unik dalam makanan kedelai. Adapun kandungan kedelai yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan yaitu :

1. Kandungan kedelai Isoflavones
Isoflavones merupakan senyawa yang sejenis dengan estrogen alami yang dihasilkan oleh tubuh dan merupakan estrogen yang halus. Senyawa ini terurai dalam tubuh menjadi fitoestrogen (yang secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai estrogen tumbuh-tumbuhan). Senyawa isoflavones menyerupai hormon dan dapat mencegah perkembangan kanker berdasarkan hormon-hormon tertentu. Bahkan beberapa ilmuwan meyakini bahwa senyawa isoflavones dapat mencegah bintik-bintik merah pada wanita menopause.

Isoflavon merupakan faktor kunci dalam kedelai sehingga memiliki potensi memerangi penyakit tertentu. Isoflavon kedelai dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Protein kedelai telah terbukti mempunyai efek menurunkan kolesterol, yang dipercaya karena adanya isaoflavon di dalam protein tersebut.

Kedelai

Kedelai

Makanan yang terbuat dari kedelai mempunyai jumlah isoflavon yang bervariasi, tergantung bagaimana mereka diproses. Makanan dari kedelai seperti tahu, susu kedelai, tepung kedelai dan kedelai utuh mempunyai kandungan isoflavon berkisar antara 130 – 380 mg/100 gram. Kecap dan minyak kedelai tidak mengandung isoflavon. Produk kedelai yang digunakan sebagai bahan tambahan pangan, seperti isalat dan konsentrat protein kedelai mempunyai kandungan isoflavon yang bervariasi, tergantung bagaimana proses pengolahannya. Misalnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alkohol dalam proses ekstraksi menghasilkan kadar isoflavon yang rendah.

2. Kandungan kedelai Genistin
Kedelai merupakan satu-satunya sumber genistein yaitu isoflavon yang telah banyak menarik perhatian para peneliti. Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa genistein mampu menghalangi enzim-enzim yang dapat merangsang pertumbuhan tumor. Sementara itu, penelitian dengan objek binatang dan pembuluh darah juga memperlihatkan bahwa Genistein dapat menghalangi tumbuhnya sel-sel kanker prostat dan payudara. Terlebih lagi, genistein dapat membantu sebuah proses yang disebut diferensiasi dalam sel-sel kanker.

3. Kandungan kedelai Daidzein
Daidzein adalah isoflavon jenis lain yang terdapat di dalam kedelai. Penelitian akhir-akhir ini menemukan bahwa senyawa-senyawa ini dapat menghalangi sel-sel kanker dan merangsang diferensiasi sel pada binatang.

4. Kandungan kedelai Protease Inhibitor
Senyawa-senyawa ini menghalangi kerja protease , enzim-enzim , yang merangsang tumbuhnya tumor. Menurut Ann R. Kennedy, Ph.D, seorang peneliti University of Pennsylvania School of Medicine, protease inhibitor ini dapat menjadi “anti-karsinogen universal” yang pada beberapa binatang berfungsi untuk mencegah atau menghalangi menyebarluasnya kanker.

5. Kandungan kedelai Asam Fitik
Senyawa ini merupakan antioksidan yang ditemukan di berbagai tanaman. Asam fitik adalah kelator dalam artian bahwa asam ini bersenyawa dengan zat-zat lainnya yang merangsang tumbuhnya sebuah tumor. Penelitian pada binatang menunjukkan bahwa asam fitik dapat mengurangi ukuran dan jumlah tumor pada binatang percobaan yang diberi makan dengan karsinogen potensial.

5. Kandungan kedelai Saponin
Senyawa ini ditemukan pada kedelai, kacang-kacangan, ginseng, dan biji bunga matahari seperti yang ditunjukkan dalam berbagai penelitian terhadap binatang dapat membunuh sel-sel kanker usus.

6. Kandungan kedelai Antioksidan
Makanan-makanan yang berasal dari kedelai mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa-senyawa yang melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul oksigen bebas yang disebut radikal bebas (free radicals). Oksigen bebas ini diyakini sebagai zat yang bertanggung jawab atas terbentuknya kanker dan juga penuaan dini.

7. Kandungan kedelai Phitic Acid
Senyawa-senyawa ini telah terbukti menghalangi pertumbuhan tumor dalam berbagai penelitian hewan. Meskipun peelitian yang lebih seksama perlu dilakukan dan juga analisis yang lebih mendetail tentang hal-hal yang berakitan dengan kedelai, tetapi banyak ilmuwan terkemuka sepakat bahwa ada bukti yang kuat bahwa kedelai dapat melindungi tubuh dengan cara menurunkan kadar kolesterol serta mengobati penyakit-penyakit lainnya yang terkenal di dunia Atikel Kandungan Kedelai Baik Untuk Kesehatan semoga bermanfaat
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar & jika ada kesempatan saya akan melayaninya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ter-Campuran - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger