Recent Post

Home » » 3 Tanda-Tanda Perilaku Menyimpang

3 Tanda-Tanda Perilaku Menyimpang

Tanda-Tanda Perilaku Menyimpang berikut ulasan selengkapnya mengenai perilaku aneh manusia yang saya ulas dengan judul 3 Tanda-Tanda Perilaku Menyimpang atau ciri-cri perilaku menyimpang

1. Penyimpangan terhadap budaya nyata atu budaya ideal
Budaya ideal di sini adalah segenap peraturan hukum yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat. Tetapi dalam kenyataannya, tidak ada seorang pun yang patuh terhadap segenap peraturan resmi tersebut. Antara budaya nyata dengan budaya ideal selalu terjadi kesenjangan. Artinya, peraturan yang telah menjadi pengetahuan umum dalam kenyataan kehidupan sehari-hari cenderung banyak dilanggar.

Homo Sex

Homo Sex

2. Terdapat norma-norma penghindaran dalam penyimpangan
Apabila pada suatu masyarakat terdapat nilai atau norma yang melarang suatu perbuatan yang ingin seklai diperbuat oleh banyak orang, maka akan muncul “norma-norma penghindran”. Norma penghindaran adalah pola perbuatan yang dilakukan orang untuk memenuhi keinginan mereka tanpa harus menentang nilai-nilai tata kelakuan secara terbuka. Jadi, norma-norma penghindaran merupakan suatu bentuk penyimpangan perilaku yang bersifat setengah melembaga.

3. Penyimpangan sosial bersifat adaptif
Penyimpangan sosial tidak selalu menjadi ancaman karena kadang-kadang dapat dianggap sebagai alat pemelihara stabilitas sosial. Di satu pihak, masyarakat memerlukan keteraturan dan kepastian dalam kehidupan. Kita harus mengetahui, sampai batas tertentu, perilaku apa yang kita harapkan dari orang lain, apa yang orang lain inginkan dari kita, serta wujud masyarakat seperti apa yang pantas bagi sosialisasi anggotanya.

Dilain pihak , perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial. Tidak ada masyarakat yang mampu bertahan dalam kondisi statis untuk jangka waktu lama. Masyarakat ang terisolasi sekalipun akan mengalami perubahan, perubahaban ini mengharuskan banyak orang untuk menerapkan norma-norma baru.

Jika semakin banyak orang ikut menerapkan prilaku menyimpang itu dan kelompok terorganisasi ikut menunjang dan membenarkan, maka perbuatan ini tidak lagi dipandang sebagai perilaku menyimpang tetapi justru sebagai norma baru.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar & jika ada kesempatan saya akan melayaninya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ter-Campuran - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger