Recent Post

Home » , , » OBAT TRADISIONAL DATANG BULAN MENSTRUASI OBAT HAID HERBAL

OBAT TRADISIONAL DATANG BULAN MENSTRUASI OBAT HAID HERBAL

Obat Tradisional Datang Bulan Menstruasi Datang bulan atau menstruasi (haid) adalah sesuatu yang normal bagi wanita yang sudah dewasa secara seksual.Namun terkadang datang bulan terasa sakit dan tidak menentu tanggalnya.

Menstruasi Datang bulan
Menstruasi Datang bulan

OBAT TRADISIONAL DATANG BULAN


Datang bulan Hal ini akibat dari kondisi kesehatan yang kurang baik,yang disebabkan karena gangguan syaraf,akibat bekerja berat,darah kotor,dan makan kurang vitamin.Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin seperti tomat,pepaya,pisang,nanas ,wortel,dan buah-buahan lainnya.Bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan jus.

Beberapa hari sebelum menstruasi atau haid umumnya ada rasa nyeri pada perut bagian bawah.Kadang rasa sakit itu menjalar ke punggung ,pinggang ,dan pangkal paha,kepala pusing,sering muntah.Rasa nyeri itu akan berkurang dan hilang bila penderita (terutama gadis remaja) sudah mulai haid.

Berikut adalah beberapa macam obat ramuan tradisional untuk haid :

1.Umbi pisang kepok diparut ,lalu diremas dengan air garam ,kemudian diperas dan disaring.Air perasan diminum 2 kali sehari.Tiap minum 2 sendok makan.
2.Bawang putih 2 siung buang kulitnya,dikunyah halus dan terus ditelan,disusul minum air hangat 2 sendok makan,lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.
3.Temulawak ,asem kawak(asem yang sudah lama),gula kelapa dimasak dengan air,sisakan separo.Diminum sampai berhenti menstruasi.
4.Supaya baunya tidak amis,buatlah minuman dari kunyit,asam,dan gula jawa.Bahan –bahan tersebut direbus dan airnya diminum tiap pagi dan sore.
5.Jika haid kurang lancar,cobalah : Jinten dipipis halus,dicampur madu dan air yang mendidih.Diminum tiap pagi,dan dapat melancarkan haid.
6.Datang bulan yang berhenti sebelum darah kotor keluar semua.Cobalah : Trengguli 10 gram ,adas pulosari 8 gram,kencur ditumbuk 15 gram,dan cengkeh 5 gram ditumbuk lalu direbus,airnya diminum
Catatan:Kalau mandi ,gunakan air hangat yang diberi garam inggris sedikit (garam inggris itu,biasanya digunakan untuk urus-urus).
7. Jika Haid terlalu banyak. Cobalah :Bunga tasbih,(Hama daerahnya ganyong hutan,ganyong wono,ganyong alas,pusponyidro,ganyol leuweung(Sunda)),sebanyak 10-15 gram.Rebus dengan air bersih 600 cc ( 3 gelas).
Yang perlu diperhatikan : Sebelum direbus,bunga tasbih/ganyong dikeringkan dahulu,kemudian direbus dengan api kecil,hingga menjadi 1 gelas atau sekitar 200 cc diminum 1-2 kali dalam sehari.
8.Wanita terlambat haid.Cobalah:Daun remuk polo,kunyit ,bawang merah,garam,ukuran secukupnya.Semua dipipis kemudian diperas,air perasan diminum.
9.Haid Tidak Teratur.
Cobalah ,resep 1: Jamur kuping hitam 10 gram,daun dewa yang segar 30 gram,atau daun dewa yang kering 15 gram,gula jawa secukupnya.Tumbuklah semua bahan sampai halus,kemudian seduh dengan air hangat langsung diminum.

Resep 2 :Ketumbar 5 gram,kunyit diparut 15 gram,biji pala ditumbuk 10 gram,jinten hitam 5 gram,cengkeh 5 gram,dan daun srigading 15 gram.Bahan-bahan tersebut semuanya ditumbuk ,diberi air secukupnya kemudian direbus sampai mendidih.Setelah dingin airnya dapat diminum.

Resep 3 : Jinten hitam 15 gram,tapak liman 10 gram,daun sambiloto 10 gram,daun sembung 15 gram,dan biji kedawung 15 gram.Biji kedawung digoreng sangan (tidak memakai minyak),jika sudah masak ditumbuk jadi satu dengan jinten hitam.Kemudian semua bahan direbus menjadi satu dengan 4 gelas air,sisakan setengahnya (2 gelas),lalu ditambah sedikit asam dan garam agar rasanya enak.Airnya digunakan minuman secara rutin pagi,siang,dan sore.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk yang sedang datang bulan atau menstruasi atau haid.Semoga tips kesehatan kali ini dapat bermanfaat dan nantikan tips dan pola hidup sehat berikutnya .
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar & jika ada kesempatan saya akan melayaninya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ter-Campuran - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger