Recent Post

Home » » Senjata Tradisional Orang Bugis Makassar

Senjata Tradisional Orang Bugis Makassar

Asal Usul Badik adalah Senjata tradisional Melayu Makassar, Bugis dan Mandar di Sulawesi Selatan berukuran Pendek yang. Senjata Suami dikenal pula di Daerah Patani, Thailand Selatan, Artikel Baru sebutan badek. Bentuknya serupa Artikel Baru badik Bugis, sehingga diduga badek Patani Suami berasal Dari Bugis. Suami hal didasarkan Tradisi Orang Bugis merantau Secara turun temurun Yang diwariskan, Tradisi mereka Selalu Satu berpindah-Pindah Dari Daerah ke Daerah lain Yang ADA di Kepulauan nusantara, di antaranya Patani di Thailand Selatan. Perpindahan tersebut berimplikasi PADA proses akulturasi sector Artikel Baru Yang ditandai persebaran artefak-artefak, di antaranya badik. Akhirnya badik dikenal di Daerah Juga Artikel Baru sebutan badek Patani Pembongkaran dijelaskan sebelumnya yang.



Senjata Tradisional Orang Bugis Makassar

2. Tension-Tension Badik Yang berasal Dari Makassar, Bugis, atau Patani masing-masing memiliki Bentuk dan sebutan Yang berbeda Yang menunjukkan penyusutan jenis dan badik di Daerah tersebut terkait masih berlangsung. Di Makassar, badik dikenal Artikel Baru badik sari Nama Yang memiliki kale (bilah) pipih yang, batang (Perut) dan cappa tajam Serta Buncit '(Ujung) runcing yang. Badik sari Suami terdiri Dari Name of pangulu (gagang badik), sumpa kale (tubuh badik) dan banoang (sarung badik). Saccharin ITU, badik Bugis disebut kawali, Pembongkaran kawali raja (Bone) dan kawali Rangkong (Luwu).

Kawali Bone terdiri Dari bessi pipih (bilah) yang, Name of agak runcing melebar Ujung Serta. Sedangkan kawali Luwu terdiri Dari bessi Yang lurus dan berbentuk pipih. Kawali Name of Name of-memiliki: pangulu (ulu), bessi (bilah) dan wanoa (sarung). Badek Patani terbuat Dari Bahan pamor besi, dan baja. Panjang bilahnya ANTARA 20-23 cm, termasuk ulunya Belum. Senjata Suami diberi sarung (warangka) kayu lunak Sederhana Yang lempengan emas atau perak dilapisi, Juga ulunya Artikel Baru begitu. Bahkan ADA pula ulu Senjata Suami Yang dihiasi permata. Penyusutan jenis dan badek Patani Artikel Baru badik Makassar atau Bugis adalah, badek Patani lebih BANYAK kandungan bajanya dan agak pamornya Bahan Kurang. Selain ITU, bilah badek Patani lebih tebal dibandingkan jenis dan badik Yang ADA di Sulawesi. KESAWAN Masyarakat Sulawesi Selatan dan Tenggara Name of dikenal doa jenis dan badik: badik Saroso dan badik pateha.

Badik Saroso Dibuat Bahan pamor, Serta kayu berukir Yang diberi sarung berlapis perak; & e badik pateha Dibuat Artikel Baru Bentuk Sederhana yang, terkadang regular tidak berpamor dan sarungnya terbuat Dari kulit Biasa atau kayu. PADA umumnya, badik perlengkapan untuk membela Diri KESAWAN mempertahankan harga Diri Keluarga atau seseorang. Suami hal didasarkan PADA sector Artikel Baru sirri 'makna untuk mempertahankan martabat suatu Keluarga. Konsep sirri Suami Sudah menyatu KESAWAN tingkah laku, sistem sosial dan cara berpikir sector Masyarakat Bugis, Makasar dan Mandar di Sulawesi Selatan. Selain ITU, ADA pula badik Yang berfungsi sebagai Benda pusaka, Pembongkaran badik Saroso, Yang memiliki Nilai Sejarah. Juga Ada sebagian Orang Yang meyakini bahwa badik berguna sebagai azimat Yang berpengaruh PADA Nilai Baik dan Buruk
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar & jika ada kesempatan saya akan melayaninya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ter-Campuran - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger