Recent Post

Home » » Cotto Kuda Kuliner Jeneponto

Cotto Kuda Kuliner Jeneponto

Coto Kuda Kuliner Jeneponto Bila anda berkunjung ke Jeneponto, jangan pernah untuk menghilangkan kesempatan mencicipi masakan khas daerah ini, yaitu cotto kuda dan gantala jarang. Sekali anda mencoba dijamin anda akan ketagihan, Hal itu diungkapkan Muhammad Yusuf Bayu pada di Jeneponto Kamis (12/4), dengan mimik wajah serius tanpa ada niat untuk berpromosi, Menurut Muhammad Yusuf, cotto kuda merupakan makanan jenis soto yang berbahan dasar daging kuda. Cotto kuda tidak dimakan bersama nasi, melainkan dengan ketupat. Makanan ini merupakan makanan wajib suku Makassar yang ada di Jeneponto. Makanan ini sangat dipercaya bisa meningkatkan vitalitas dan anti tetanus.


Cotto Kuda Kuliner Jeneponto

"Masyarakat suku Makassar yang ada di Jeneponto tidak begitu menyukai daging sapi dan kambing. Mereka lebih menyukai daging kuda, sehingga setiap ada acara adat akan selalu ditampilkan masakan dari daging kuda seperti cotto kuda dan gantala jarang," ujar Yusuf Bayu.

Saat ini Pemkab Jeneponto juga ikut mempromosikan cotto kuda dan gantala jarang sebagai kekayaan kuliner daerah yang tak ternilai harganya. Setiap ada tamu yang berkunjung ke Jeneponto akan selalu disuguhi cotto kuda dan gantala jarang.

Lebih jauh Yusuf Bayu mengatakan, semiskin apapun seseorang di Jeneponto, apabila ia melaksanakan kenduri atau upacara adat lainnya, maka secara tak tertulis mereka wajib menghidangkan cotto kuda dan gantala jarang. Sehingga ada ungkapan "tidak lengkap sebuah pesta tanpa gantala jarang".

Berbeda dengan cotto kuda, kata Yusuf Bayu, gantala jarang juga merupakan makanan berbahan dasar daging kuda. Cuma saja gantala jarang dimasak tanpa menggunakan rempah rempah. Gantala jarang hanya di masak dengan menambahkan garam dan vetsin.

Dilaporkan : Eri Satri di www.sumbaronline.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar & jika ada kesempatan saya akan melayaninya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ter-Campuran - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger