Recent Post

Home » » Beberapa Makanan Perusak Gigi

Beberapa Makanan Perusak Gigi

Beberapa Makanan Perusak Gigi Bila kita dimasa kanak-kanak dulu suka diminta agar tidak banyak mengunyah permen dan cokelat yang dapat membuat gigi berlubang, kebiasaan itu nyatanya mesti dijaga sampai kita dewasa. Info beberapa makanan dan minuman berikut ini merupakan perusak kesehatan gigi Anda, berhati-hatilah, A. Nasi, Roti, Mie, Tidak hanya gula, makanan kaya karbohidrat dapat membuat senyum Anda tidak lagi indah. Makanan dengan kadar karbohidrat seperti nasi, pati, roti, tepung dan olahannya mengandung gula yang dapat membuat bakteri mulut menghasilkan zat asam yang merusak enamel gigi. Karena itu, jangan merasa aman jika Anda mengonsumsi mie instant atau roti sebelum tidur, jangan lupa sikat gigi.

Beberapa Makanan Perusak Gigi
Beberapa Makanan Perusak Gigi

Beberapa Makanan Perusak Gigi


B. Jus dan Susu
Minum jus tampak sehat dan aman dibandingkan dengan soft drink, namun menurut seorang dental assistant dari seorang dr gigi mengatakan, "Jus sarat dengan gula yang pada akhirnya bisa memicu kerusakan gigi." Hal ini makin rentan terjadi pada anak-anak, bahkan jika yang mereka minum adalah 100 persen jus alami, karena kandungan gula alaminya juga tinggi.
Hal yang sama berlaku pada susu, ibu yang sering memberi anak mereka jus buah, susu atau makanan ringan sebelum tidur (tanpa sikat gigi) akan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah (gigi membusuk) dibandingkan anak yang selalu menyikat gigi sebelum tidur. Tidak hanya pada anak-anak, hal ini juga bisa terjadi pada orang dewasa.

C. Permen
Sudah menjadi kabar lama jika permen dapat merusak gigi, tidak hanya pada anak-anak tapi juga orang dewasa. Tidak hanya manusia yang suka makanan manis, bakteri di dalam mulut Anda juga sangat menyukainya. Bakteri itu akan memakan sisa gula permen yang menempel di gigi, lalu menghasilkan asam yang menyerang enamel selama 20 menit setelah Anda menghisap atau menggigit permen. Jika makan permen dilakukan terus menerus, maka gigi akan terus diserang.

D. Lemon dan Makanan/Minuman Asam
Semua orang yang santai saja sesudah minum lemon atau makanan asam lainnya (contohnya saus empek-empek yang mengandung banyak cuka). Padahal keasaman pada lemon atau cuka dapat mengikis gigi. Jadi jangan lupa juga untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman dengan rasa asam atau makanan yang memakai saus cuka/asam.

E. Obat Batuk Cair
Anda tidak salah baca, obat batuk cair memang bisa meredakan batuk, namun berbahaya buat kesehatan gigi Anda. Kenapa? Sebab obat batuk cair atau sirup mengandung jumlah gula yang banyak. Sehingga minum obat batuk sama dengan makan permen. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda minum obat batuk cair terlebih dahulu, baru menyikat gigi sebelum tidur. Bila perlu, pilih obat batuk yang bebas gula. Hal yang sama berlaku untuk obat cair atau sirup untuk anak.

Gigi yang sehat akan membuat proses pencernaan makanan lebih baik, membuat Anda percaya diri dan tersenyum lebar. Jadi, jaga selalu kesehatan gigi Anda dan keluarga.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar & jika ada kesempatan saya akan melayaninya

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ter-Campuran - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger